Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Selasa, 21 Februari 2012

JADWAL KEGIATAN JAMBORE IT-VI 2012

JUKLAK dan JUKNIS Jambore IT-VI 2012


PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN JAMBORE IT-VI
GUDEP 17819-17820 SEKOLAH NAMIRA

  1. PENDAHULUAN
Memasuki zaman globalisasi teknologi informasi ini haruslah dengan persiapan yang matang, kita dituntut mampu menguasai teknologi informasi agar tidak tertinggal dengan bangsa lain, walaupun begitu, kemajuan teknologi tidak serta merta positif untuk seluruh kalangan apalagi kalangan pelajar karena apabila tidak ada pengontrol dalam diri pelajar tersebut bias mengakibatkan rusaknya moral dan bahaya lang lebih buruk lagi. Oleh karena itu pengusaan teknologi informasi haruslah dibarengi dengan pemahaman terhadap Agama. Pendidikan keagamaan diharapkan mampu mengontrol pelakunya dari bahaya teknologi sehingga yang didapat dari teknologi hanyalah manfaat fositifnya saja.

Dalam hal itu Pramuka sebagai wadah pembinaan kader bangsa dituntut untuk mampu menjalankan peran dan tanggungjawabnya dalam hal mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang Teknologi Informasi serta tidak meninggalkan pendidikan keagamaan.

Salah satu tanggungjawab itu tergambar dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya kegiatan Jambore IT. Kita berharap kegiatan ini hendaknya mampu memberikan kontribusi terhadap pengkaderan generasi bangsa Indonesia.

  1. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1.    Mempererat tali silaturrahmi sesame pramuka penggalang
2.    Menambah pengetahuan dan wawasan bagi anggota Pramuka penggalang khususnya dibidang teknologi ( IT ), keagamaan, dan keterampilan
3.    Terciptanya Pramuka yang peduli terhadap lingkungan.

  1. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama : JAMBORE IT –VI 2011 Gudep. 17.819-17.820 Namira Islamic School

  1. THEMA
Thema dari kegiatan ini adalah “Pramuka IT, Pramuka masa kini

  1. MOTTO
Adapun motto kegiatan ini adalah “ satyaku kudharmakan, dharmaku kubhaktikan”.

  1. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari Sabtu- Minggu tanggal 24 s/d 25 Maret 2012, di lingkungan sekolah Namira.

  1. PESERTA
Peserta kegiatan ini adalah  siswa / siswi SMP dan SD yang masih tergolong dalam tingkat penggalang se-kota Medan dan sekitarnya.

  1. JENIS-JENIS KEGIATAN
Adapun jenis-jenis kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

A.    Bidang Keterampilan Pramuka
                                   1.  Lomba Tata Upacara Pramuka (LOTUP)
Ketentuan :
·         Peserta terdiri dari minimal 5 orang per gugus depan (satuan terpisah)
·         Waktu yang diberikan 15 Menit
·         Pakaian Seragam Pramuka

                                   2.  Lomba Senam Pramuka
ketentuannya:
·         Peserta terdiri dari minimal 4 orang maksimal 6 orang  (boleh campuran  pa/pi)
·         Kaset dalam bentuk kaset CD/DVD
·         Tape disediakan oleh Panitia
·         Pakaian Olah raga



3.  Lomba Kurve Tenda / Kelengkapan Tenda (Pa /pi)
·   Kebersihan
·   Keindahan
·   Kelengkapan  unsur  gapura, tempat sepatu, umbul-umbul dll.

B.    Bidang Teknologi Informasi (IT)
                                     1.          Lomba Pembuatan Blog
Ketentuannya :
·     Peserta terdiri dari 2 orang per Pangkalan
·     Bagi yang sudah bisa meciptakan sebuah blog maka Pembuatan Blog bisa dilakukan setelah selesai Teknikal meeting
·     Bagi yang belum bisa, akan dilakukan workshop tentang pembuatan blog dengan Waktu yang diberikan 30 Menit
·     Pakaian Seragam Pramuka
·     Penilaian akan dilakukan dengan Bantuan “Google”

                                     2.          Lomba Pembuatan Power Point
Ketentuan :
·      Peserta terdiri dari 2 orang per pangkalan
·      Waktu 20 Menit
·      Pakaian Pramuka Lengkap
·      Tidak dibenarkan membawa plashdisk

                                     3.          Lomba Desain Slogan di Prog. Paint. Thema : “Pramuka IT, Pramuka masa kini”
Ketentuan :
·      Peserta terdiri dari 2 orang per pangkalan
·      Waktu 20 Menit
·      Pakaian Pramuka Lengkap
·      Tidak dibenarkan membawa plashdisk

                                     4.          Lomba Ketik Cepat
Ketentuan :
·      Peserta terdiri dari 1 orang per pangkalan
·      Waktu 15 Menit
·      Pakaian Pramuka Lengkap
·      Tidak dibenarkan membawa plashdisk


C.   Bidang Ke-Agamaan
                                    1.      Lomba Peragaan menurus fardu kipayah mayit. (memandikan, mengkafani dan menyolatkan)
Ketentuan :
·         Peserta terdiri dari 5 orang per gugus depan (putra/putri)
·         Perlengkapan disediakan oleh peserta
·         Waktu : 20 menit/ gugus depan

D.   Bidang Umum
                                     1.       Lomba Futsal
ketentuannya  :
·         Terdiri dari 8 orang per pangkalan ( Putra) dengan catatan 3 orang pemain cadangan.
·         Pakaian Olah Raga

                                    2.          Lomba Karnaval
Ketentuan :
·            Peserta terdiri dari minimal 6 orang per pangkalan
·            Thema : Super Hero

                                    3.          Pentas Seni : Tari Kreasi Daerah
·           Minimal 5 orang dan maksimal 9 orang per pangkalan  ( Pa / Pi )
·           Waktu maksimal 15 menit
·           Pakaian disesuaikan

                                    4.          Lomba Fashion Show Pramuka
Ketentuan :
·         Peserta terdiri min. 2 orang maksimal 4 orang per pangkalan (berpasangan)
·            Pakaian Pramuka Lengkap
·            Kaset untuk music pengiring disediakan oleh peserta
·            Tape disediakan oleh panitia

E.    Giat Wawasan dan Hiburan
                                    1.          Workshop IT
                                    2.          Layar Tancap/ Pemutaran film
                                    3.          Keyboard
                                    4.          Bazar
                                    5.          Pameran

J.    TEMPAT, WAKTU DAN BIAYA PENDAFTARAN
Tempat Pendaftaran di Sekretariat Pramuka Gugus Depan 17.819 – 17.820 Sekolah Namira Jl. Setia Budi pasar 1 No.76 Tj.Sari Medan

Contact Person :
Kak Muzanni   : 081370180694          Kak Syahrial   : 081283502017           

Waktu Pendaftaran :
Pendaftaran dimulai dari tanggal 20 Februari  s/d 17 Maret 2012,
pukul 08.00 wib s/d 17.30 wib,

Kesediaan Mengikuti kegiatan bisa diantar ke sekretariat panitia, atau melalui :
e-mai :pramuka@namiraschool.com
atau ke Fax : 061-8217859
           
Biaya Pendaftaran:
Peserta dikenakan Biaya sebesar Rp  20.000 / orang
Fasilitas yang didapat :
·         Uang Pembinaan bagi Juara umum 1,2 dan 3
·         Piala bergilir bagi juara Umum dari  Ka.Mabigus 17819 – 17820 Sekolah Namira
·         Pagam Penghargaan Bagi Juara Umum, peserta dan pembina
·         Piala tetap bagi juara 1,2 dan 3
·         Tiska
·         Tanda peserta

K.   TECHNICAL METTING
Technical Metting dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 17 Maret 2011 di Gugus Depan 17819 – 17820 Sekolah Namira Jl. Setia Budi pasar 1 No.76 Pada pukul 14.00 wib – selesai

  1. LAIN-LAIN
Juklak dapat dilihat di : www.namiraschool.com;  atau www.m-powell.blogspot.com atau di facebook : ombusans@yahoo.com    (Muzanni P. Lubis)

  1. PENUTUP
Demikianlah petunjuk pelaksanaan kegiatan Jambore IT ini kami sampaikan dengan harapan kiranya Ka.Mabigus / Bin Gudep dapat mengirimkan peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan tersebut
           



Panitia Pelaksana
Jambore IT-VI
Gudep 17819 – 17820 Namira Islamic School