Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Rabu, 01 Desember 2010

Tangkal Napza

Tangkal Napza merupakan salah satu atribut yang harus dikenakan oleh pramuka khususnya di Sumatera Utara, simbol tangkal nafza mengisyaratkan bahwa seorang pramuka adalah remaja/manusia yang sehat, bersih dan bebas nari napza (narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya). oleh karenanya atribut tangkal nafza buka hanya sekedar embel-embel pramuka melainkan harus lebih dari itu.
setiap pramuka hendaknya menyadari makna simbol tangkal napza tersebut. diharapkan kepada seluruh pembina pramuka terus menyadarkan para anak didiknya masing-masing tentang kegunaan tangkal napza itu yang nantinya akan sangat berguna kepada dirinya juga.
akan tetapi, anehnya para pembina juga masih banyak yang tidak menyadari makna simbol tangkal napza itu, sehingga tidak heran kita melihat para pembina merokok waktu dia memakai pakaian lengkap pramuka. tentu ini menyalahi dari harapan tangkal napza itu sendiri.
oleh karena itu, saya pikir kwartir baik nasional, daerah, cabang, maupun ranting bahkan gugus depan perlu mengadakan sebuah terobosan berupa kegiatan yang bertujuan untuk penyadaran dan pemahaman terhadap makna tangkal napza itu.
akhirnya, kepada seluruh pramuka mari kita sadari kembali semangat yang dikobarkan oleh para pendiri tangkal napza tersebut.

3 komentar:

  1. apa landasan hukum dari tangkal napza ?
    adakah SK Kwarda yg mengaturnya dan jika ada no berapa serta tahun berapa kah SK tentang tangkal napza ini dikeluarkan? soalnya, hingga saat ini saya belum menemukan landasan hukumnya di internet..
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Salam pramuka kak.. apakah tangkal napza harus ada sertifikat atau sekedar dipakai dan tau apa kegunaan tangkal napzah itu ?

    BalasHapus
  3. Salam Pramuka kak ..pencinta tangkalnabja siapa kk

    BalasHapus