Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Selasa, 21 Desember 2010

Pesta Siaga

Pesta siaga adalah perkemahan yang diikuti oleh pramuka siaga, pesta siaga bisa dilaksanakan tingkat gugus depan, ranting, cabang, daerah maupun nasional. biasanya pesta siaga dilaksanakan satu sampai dua hari dan sering disebut dengan istilah persari (perkemahan satu hari) atau persami (perkemahan sabtu-minggu).
sebagaimana saya jelaskan dalam postingan sebelunya (baca berkemah sebagai instrumen pendidikan) di dalam kegiatan pesta siaga semuanya dirancang dan dilaksanakan dalam suasana yang senang dan gembira, selalu menjalankan prinsip dasa darma, salah satunya rajin, terampil dan gembira.
Tujuan  Pesta Siaga  adalah sebagai wadah yang terarah dalam kegiatan perserta didik, dengan harapan setelah mengikuti kegiatan Pesta siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta mengembangkan diri di Gugus Depan masing-masing, pelaksanaan pesta siaga ini merupakan sarana yang strategis dan efektif guna membekali anak-anak ketrampilan serta membentuk watak dan karakter yang baik, berani, percaya diri, bertanggugjawab dan memiliki semangat kerjasama dan solidaritas. Juga melalui kegiatan peseta siaga ini, merupakan upaya untuk menggali minat kepramukaan yang pada muaranya adalah mendorong anak-anak untuk mampu berprestasi baik disekolah maupun di bidang-bidang lainnya…” kata Sinto Sukawi.
Image
Pada kegiatan pesta siaga peserta didik dapat belajar menjalin kebersamaan antar anggota barung, mendapatkan banyak teman dan menjalin persahabatan dengan barung lain, serta mendapatkan pengalaman yang paling berharga, pengalaman inilah yang akan  sanagat berguna bagi kehidupannya kelak. karena perkembangan teknologi dan kemajuan jaman sangat mempengaruhi terhadap perkembangan anak-anak sekarang ini, seperti narkoba, pornografi dan hal-hal negatif lainnya telah merambah ke dunia anak-anak.  maka kegiatan  yang positif seperti pesta siaga ini dapat dijadikan sebagai salah satu antisipasi agar anak tidak terjerumus kepada hala-hal yang merusak perkembangannya. .
 beranjak dari tujuan yang ingin dicapai maka kita harus menyesuaikan kegiatan yang dilaksanakan anatar lain:  
  • Kempuan memiliki Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 
  • Kemapuan menunjukkan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur,
  • kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, 
  • kemampuan berusaha meningkatkan ketrampilan, ketangkasan dan olah raga, 
  • kemampuan memliki kepedulian terhadap sesama hidup dan  alam ligkungan untuk menumbuhkan cinta Tanah Air dan budaya Indonesia, 
  • kemampuan mengikuti dan mentaati aturan kebiasaan untuk menumbuhkan kewajiban bakti kepada keluarga, masyarakat dan Negara.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar