Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Senin, 13 Desember 2010

Api Unggun

Api unggun adalah bagian dari kegiatan berkemah, tanpa adanya api unggun perkemaha itu seakan-akan tidak lengkap, orang bilang bagaikan gulai tanpa garam. oleh karena itu kegiatan api unggun merupakan kegiiatan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pramuka apabila melaksanakan sebuah perkemahan.
adapun tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan api unggun adalah sebagai berikut :
  1. Mendapat kehangatan : biasanya di malam hari suasana di tempat perkemahan, apalagi di gunung sangatlah dingin, oleh karenanya api unggun merupakan salah satu solusinya.
  2. Menimbulkan semangat : biasanya api unggun dilaksanakan pada malam-malam terakhir perkemahan, dimana semua peserta sudah mulai capek,lelah dan jenuh. nah, api unggu lagi-lagi menjadi solusi karena api unggun melambangkan kobaran semangat yang membara yang seakan-akan tidak boleh padam. itu sebabnya di dalam penyulutan api unggun biasanya dimulai dengan upacara untuk memberi kesempatan kepada seluruh peserta untuk menghayati makna api unggun tersebut.
  3. Mencari Kegembiraan, mengingat suasana peserta sudah capek, lelah, dan jenuh, sementara pramuka itu harus selalu senang dan gembira, maka lagi-lagi api unggun menjawab permasalahan itu. itu sebabnya waktu penyulutan api unggun, setelah upacara selesai dilanjutkan dengan atraksi seni, baik itu menyanyi, maupun keterampilan lainnya yang semuanya itu bertujuan untuk membuat semua yang hadir merasa senang dan melupakan kelelahan yang dirasakannya.
Lagu Api Unggun :
yepoo,,yeppo
mari bergembira
di skitar api unggun menyala


2 komentar: