Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Kamis, 09 Desember 2010

Berkemah sebagai Instrumen Pendidikan

Berkemah merupakan salah satu metode pramuka dalam mendidik kader-kader generasi bangsa. bahkan berkemah merupakan ikon pramuka itu sendiri, kare di dalam berkemah semua pendidikan/materi pembelajaran pramuka dapat dijumpai.
Berkemah haruslah dibuat secara menarik dan menantang. oleh karenanya tempat berkemah sangat mendukung kegiatan ini. diusahakan tempat berkemah tidak monoton di satu tempat.
Prinsip dalam berkemah adalah untuk penghayatan dan pengamalan terhadap kode kehormatan pramuka (tri satya dan dasa darma).  maka tidak boleh ada kegiatan yang menyalahi atau tidak sesuai dengan kode kehormatan pramuka.
adapun unsur-unsur kegiatan dalam berkemah adalah :
  • Pengamalan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kalau yang beragama islam harus melaksanakan sholat lima waktu, berdo'a dalam mengawali setiap kegiatan dsb.
  • Kebersamaan, dalam berkemah yang paling ditonjolkan adalah sikap kebersamaan, berat sama dipikul ringan sama dijinjing, satu untuk semua dan semua untuk satu, oleh karenanya harus dengan metode berkelompok.
  • Keterampilan, dalam berkemah bukan hanya untuk bersenang-senang semata, akan tetapi harus ada unsur keterampilan, seperti keterampilan mendirikan tempat tinggal sementara, menanam pohon, memasak, bertahan hidup di alam liar, menjelajah, sandi, morse, semaphore dll.
  • Kegembiraan, semua kegiatan yang disusun haruslah dibarengi dengan suasana yang gembira, tidak boleh ada yang bersedih pada saat berkemah, semua harus senang dan gembira. oleh karenanya, bernyanyi, tepuk-tepukan, permainan tidak boleh dihilangkan dari kegiatan kepramukaan khususnya waktu berkemah.
Adapun tujuan dilaksanakan berkemah adalah :
  1. berlomba
  2. persahabatan/anjangsana
  3. berkarya/pentas seni
  4. penelitian
  5. rekreasi
sedangkan macam-macam berkemah adalah :
  1. Persari (perkemahan satu hari)
  2. Persami (perkemahan sabtu dan minggu)
  3. Perjusami (perkemahan jum'at, sabtu dan minggu)
  4. Safari, seperti jelajah alam.
  5. Kegiatan, seperti berlomba, pertemuan dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar