Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Kamis, 20 Januari 2011

Metode Pendidikan Pramuka


Akhir-akhir ini Gerakan Pramuka mengalami kemuduran dari tahun-tahun sebelumnya, Pramuka  tidak lagi sehebat dulu. Salah satu penyebabnya adalah dikarenakan Pramuka itu sendiri melupakan metode pendidikan pramuka yang sebenarnya. Adapun metode pendidikan pramuka itu adalah :


  1. Sistem beregu/berkelompok. oleh karena itu, pramuka yang handal pastilah didukung dengan gugus depan yang terorganisir dengan baik. tanpa adanya gugusdepan yang terorganisasi dengan baik mustahil kita menciptakan pramuka seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri Gerakan Pramuka itu sendiri.
  2. Sistem bermain sambil belajar. oleh karenanya pendidikan di pramuka tidak ada yang tegang, semuanya dijalani dengan suasana yang rileks dan santai. Maka tindakan yang mengeluarkan emosi seperti marah-marah bukanlah cermin dari metode pendidikan pramuka. dan metode ini akhirya diadopsi oleh lembaga-lembaga pendidikan dalam mengajarkan sebuah pelajaran.
  3. Sistem Among (Ing ngarso sungtulodo, Ing madyo mangun karso, tut wuri handayani). sistem ini mengajarkan bahwa seorang pramuka itu siap ditempatkan dimana saja, siap dipimpin dan siap memimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar