Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Rabu, 10 November 2010

Upacara Pelantikan Siaga Mula




Alat yag disediakan :
  1. Kacu, Baret/topi, Buku SKU yang telah ditandatangani oleh pembina
Pelantikan :
  1. Selesai acara pembukaan, yanda/bunda mengumumkan bahwa pada harini ada salah seorang teman siaga yang akan dilantik
  2. Pembina memerintahkan pemimpin barung yang anggotanya akan dilantik agar membawa anggotanya ke hadapan Yanda/Bunda
  3. Pemimpin barung membimbing anggota barung ke tengah lingkaran dan melaporkan kepada yanda/Bunda
  4. Pemimpin barung mengambil tempat satu langkah di belakang anggota yang akan dilantik
  5. sebelum pelantikan, pembina mengadakan tanya jawab kepada calon siaga mula apakah calon telah mengerti tentang Dwi Darma.
  6. selanjutnya sebelum mengucapkan Dwi Satya pembina memberikan waktu untuk berdoa.
  7. Pembina mengatakan : "Anu..(sebutan namanya) pada hari ini kamu dengan disaksikan oelh teman-temanmu, pakcik/bukcik, bendera kebangsaan kita Merah Putih, dan satu lagi adalah Tuhan Yang Maha Esa walaupun tidak kelihatan tetapi melihat dan mendengar apa yang akan kamu ucapkan, dan yang sangat penting lagi bahwa pada hari ini kedua orang tua mu juga hadir menyaksikan, maukah kamu bersama Yanda/Bunda dengan disaksikan semua tadi itu mengucapkan Dwi Satya?
  8. Pembina Maju selangkah mendekati bendera Merah Putih, dan mengambil ujung bendera dengan tangan kiri dan meminta tangan calon untuk diletakkan di atas tangan pembina, pembina mengatakan "ikuti kata yanda/bunda"
  9. Pembina mengucapkan Dwi Satya secara lambat dan diulangi oleh calon
  10. Pada waktu pembina mengatakan "Dwi Satya" semua peserta upacara memberi hormat. kepada siaga yang telah dilantik maju satu langkah
  11. Selesai. Pembina pertama-tama memasang Kacu dengan diiringi kata-kata "saat ini kamu telah menjadi anggota pramuka sedunia, kacumu ini berwarna merah putih sama dengan warna bendera kebangsaan kita, untuk itu hendaklah kamu menjaga kesucian dan kebersihan kacu ini."
  12. Selanjutnya Pembantu pembina memasangkan baret/topi sambil mengucapkan : "pakailah tutup kepala ini kemana kamu pergi sebab dia sebagai pelindungmu di waktu panas dan hujan, di atasnya ada tanda gerakan Pramuka yang harus kamu hormati"
  13. Pembantu lain memberi buku SKU dengan ucapan: "ini buku SKU mu telah kamu selesaikan tingkat mula dan selanjutnya teruslah maju ketingkat yang lebih tinggi dan jangan putus asa sesuai dengan Dwi Darma".
  14. Pelantiakan selesai, pembina memberikan ucapan selamat dilanjutkan oleh orang tua siaga
  15. Selanjutnya pembina menyuruh Siaga balik kanan dan kepada teman-temannya di lingkaran pembina memberi perintah untuk memberikan penghormatan sebagai ucapan selamat atas pelantikannya.
  16. Pembina memerintahkan kepada pemimpin barung untuk membawa temannya kembali ke barungnya.
  17. pemimpin barung maju menghormati kepada pembina dan mengucapkan terima kasih dan membawa temannya kembali ke barungnya
  18. latihan dilanjutkan sesuai dengan program.
catatan :
  1. Dalam acara pelantikan siaga mula orang tua si anak dapat diundang untuk menyaksikan acara pelantikan tersebut dan memberi kata sambutan/nasehat
  2. Pelantikan paling banyak 3 orang tidak boelh secara massal.
(satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan)

2 komentar: