Salam Pramuka..!! Selamat datang di Sanggar Online. terima kasih telah berkunjung

Senin, 05 Desember 2011

Apa itu Ambalan?


Salam Pramuka..!
Ambalan adalah kumpulan beberapa sangga di satuan pramuka penegak. Ambalan sebagai miniatur kampung bagi pramuka penegak. Dimana dalam sebuah ambalan dibentuk suatu kepengurusan yang memadai guna untuk mempermudah jalannya organsasi pramuka penegak tersebut. Biasanya satu ambalan terdiri dari 4-5 sangga yang mana satu sangga terdiri dari 5-7 pramuka penegak.
Dikarenakan penekanan dalam pramuka penegak adalah penekanan keorganisasian maka suasana ambalan harus menggambarkan susasana organisasi yang layak dan baik. Sehingga setiap anggotanya mampu belajar dan memahami dan akhirnya menjalankan perannya masing-masing dalam  ambalan tersebut.
Pengurus ambalan disebut dengan Dewan Ambalan, yang mana dewan ambalan ini murni terdiri daru unsure pramuka penegak yaitu pramuka usia 15-20 tahun. Sedangkan Pembina bukanlah masuk dalam dewan struktur dewan ambalan sehingga pebina tidak dibenarkan mengenakan dan menggunaka atribut-atribut yang melambangkan atribut sebuah ambalan contoh: amsal ambalan .
Adapun susunan organisasi dewan ambalan sesuai dengan yang lumrah terjadi adalah sebagai berikut :
Pemangku Adat                                (satu orang)
Katua Ambalan                 (satu orang)
Sekretaris                            (satu orang)
Bendahara                          (satu orang)
Bidang-Bidang :
1.       Bidang Giat                 (sesuai kebutuhan)
2.       Bidang Humas           (sesuai kebutuhan)
3.       Bidang Litbang           (sesuai kebutuhan)
4.       ………..
Perlu diketahui bahwa prinsip  dewan ambalan tetap mengacu kepada prisnsip kepramukaan yaitu satua terpisah antara laki-laki dan perempuan. Maka nama abalan untuk laki-laki harus berbeda dengan nama ambalan perempuan.

Salam Pramuka
“Rajin, Terampil dan Gembira”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar